Welcome To Batam, Keindahan Kota Batam Diawali Dari Sini

Selain Jembatan Barelang, ada satu lagi nih 'icon' kota Batam yang populer.

bukit welcome to batam
Welcome to Batam | Photo by Andri Cahyono


Sudah pernah ke Batam? Jika iya, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan 'spot selfie' yang satu ini. Yap, bukit Welcome to Batam.

Tulisan Welcome to Batam" akan kamu jumpai ketika sedang berada di pusat pemerintahan kota Batam, tepatnya di Bukit Clara, Batam Centre. Jaraknya kurang lebih 300 meter dari taman Engku Putri, yang memang berdekatan dengan Kantor Wali Kota serta Masjid Agung kota Batam.

 Tulisan ini juga sengaja dibangun tepat berhadapan langsung dengan pelabuhan Ferry Internasional Batam loh, tujuannya sudah pasti sebagai 'salam hangat' dari masyarakat kepada wisatawan asing khususnya dari Singapura.


Saat pembangunannya, Pemko Batam pernah merencanakan akan menambah lampu, pagar serta taman di sekitar lokasi tulisan itu, yang mana kelak lokasi tersebut dapat menjadi tempat rekreasi bagi warga Batam maupun Wisatawan yang ada di kota ini. “Jika pengerjaan tamannya sudah selesai, warga Batam yang bermain di sana dapat berfoto-foto dengan latar belakang tulisan Welcome to Batam,” kata Yusfa. Sayangnya hingga saat ini realisasinya tidak kunjung datang. hmm... padahal jika itu memang benar-benar terealisasi, betapa kerennya spot ini ya.

Masjid Raya yang tak jauh dari bukit WTB
Alun-Alun Engku Putri yang juga sebagai lokasi MTQ Nasional 2014

Pembangunannya

Menurut Pemko, proyek pembuatan bukit ini dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp. 472,4 juta yang dianggarkan dalam APBD Kota Batam melalui Dinas Tata Kota. Pembuatan tulisan besar ini juga merupakan bagian dari agenda pemerintah untuk memperkenalkan kota Batam, juga sebagai bagian untuk mendukung visit Batam 2010.
 Selain itu, tentu pembuatan bukit ini juga dimaksudkan untuk mempercantik kota sekaligus sebagai ucapan selamat datang dari Pemko dan Masyarakat kepada Wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam ini.
“Kita sengaja membangun simbol kota itu di atas bukit Klara karena menghadap langsung ke Terminal Feri Internasional Batam Centre. Setiap wisatawan yang datang akan dapat melihat langsung tulisan tersebut. Dan dengan tulisan itu kita bisa menyapa para wisatawan yang baru tiba dari luar negeri,” ujar Yusfa, Kabag Humas Pemko.

Tulisan “Welcome to Batam” kira=kira berukuran sekitar 6 meter dan tinggi 10 meter yang dikerjakan oleh PT Hadi Lestari. Di mana setiap huruf dalam simbol kota itu masing-masing berukuran 10 m kali 5 m, dan tulisan ini berada di ketinggian 52 meter di atas air laut saat pasang tertinggi.
Untuk panjangnya, tulisan “Welcome to Batam” mempunyai panjang huruf dari ‘W’ hingga ‘M’ mencapai 120 meter, lebar huruf ‘W’ dan ‘M’ sama-sama 10 meter dan lebar huruf lainnya 6 meter. Untuk berat huruf ‘W’ mencapai 4,5 ton, sedangkan ‘E’, ‘M’ dan ‘B’ masing- masing mencapai 4 ton, dan ‘L’, ‘C’, ‘O’, ‘T’, ‘B’ dan ‘A’ mencapai 3 sampai 3,5 ton.
Wah, cukup berat ya.

Welcome To Batam Dari Atas Bukit Clara | Photo by Andri C

Fakta Menarik Bukit Ini

Ada sedikit fakta tentang bukit ini yang mungkin tidak kamu ketahui sama sekali. Nomor 2 mencengangkan! (ini bercanda haha). Baiklah, berikut sedikit fakta menarik tentang bukit ini yang sudah dirangkum bak pusi:
  • Mirip Seperti Di Hollywood
 Jika Amerika punya Hollywood-nya, Indonesia punya Welcome To Batam-nya!  Ka;au fakta yang satu ini, memang sudah familiar di kuping kita ya kan. jadi tidak perlu dijelaskan lagi. hehe.
  • Pernah Hampir Rubuh, hah?
 Pada bulan Oktober 2014 lalu Monumen ini memang pernah terancam longsor yang dikarenakan adanya proyek dari salah satu PT Property yang melakukan pengerukkan di Bukit Clara, tempat monumen ini berdiri. Kabar baiknya, satu bulan setelahnya, Pemerintah Kota dan PT tersebut sepakat untuk menghentikan selamanya proyek pengerukan bukit Clara tersebut.
  • Letaknya Tepat Di Samping Jalan Raya
Letaknya yang berada di tengah pusat pemerintahan kota Batam memang tak mustahil tulisan ini menjadi pemandangan sehari-hari bagi yang tinggal & lewat di sana. Letak bukit ini juga persis berada di samping jalan raya dari Kantor Dispenda menuju Green Land.
  • Spot Selfie Populer
Ke Batam tapi belum foto di sini? Temenmu ga akan percaya kamu lagi di Batam! haha, kira-kira begitulah masyarakat Batam mengggambarkannya, Welcome to Batam dan Barelang adalah ikonnya kota Batam, jadi jika kamu tidak ke sini, kamu dianggap belum sah singgah di kota ini.



Sudah ada rencana untuk ke kota Industri ini? Sampai bertemu di Batam!

📰Sumber: Humas Batam, Tribun Batam.
📷🎥Foto & Video: © Andri Cahyono.

Komentar